Selasa, 18 Desember 2012

CONTOH KASUS EFISIENSI WAKTU, BIAYA DAN TENAGA


Hello para pembaca, postingan kali ini akan membahas tentang materi efisiensi waktu, biaya, dan tenaga. pada artikel ini tidak dipaparkan pengertian secara keseluruhan, namun pembahasannya langsung merambah pada study kasus yang banyak terjadi dalam aktivitas sehari-hari. Untuk menambah wawasan dan ilmu kamu, yuk baca artikel di bawah ini.

Efisiensi
Efesiensi ialah perbandingan terbaik dari usaha(kerja) yang di nilai dari hasil usaha. Efisiensi bisa dinilai dari segi waktu,biaya dan tenaga.Untuk itu disini saya akan memaparkan contoh kasus dari 3 hal tesebut :

      Efisiensi Waktu
1.      Contoh Soal
Pada Sebuah perusahaan X di berlakukan aturan jadwal masuk kerja jam 09.00 WIB. Bagian  management menugaskan 2 karyawannya untuk menuntaskan laporan hasil kerja dan pekerjaan rutin lainnya dalam ruang lingkup yang sama. 2 karyawan ini mempunyai jarak yang sama yaitu 5 km untuk menempuh perjalanan ke perusahaan X menggunakan kendaraan dinas perusahaan.
-Karyawan yang bernama Syaref datang lebih cepat yaitu sekitar jam 07.45. Dan ia telah menyelesaikan laporan hasil kerjanya,pekerjaan rutin tiap hari serta ia juga telah membaca koran, berbincang dengan rekan kerja yang lain (bersosialisasi) dan telah membuat rencana kerja
-Karyawan  yang bernama putra datang tepat waktu dan ia telah menyelesaikan laporan hasil kerjanya dan pekerjaan rutin tiap harinya.

Pembahasan :
Management waktu adalah hal yang penting pada efsiensi kerja. Karyawan yang bernama
syaref bekerja lebih efisiensi dari putra,karena selain menyelesaikan tugas pokoknya.Ia juga dapat berinteraksi dan membuat rencana kerja esok. Syaref merupakan karyawan yang memanfaatkan waktu dilihat dari jam ia masuk kerja dan cara ia menghasilkan pekerjaannya dan hal lain yang dilakukan selama ia berada di kantor. Padahal diantara syaref dan putra memiliki jarak tempuh dan kendaraan perusahaan yang sama.

2. Contoh Soal
Di sebuah kelas jurusan informatika diajarkan ilmu teknologi IT yaitu pemograman denstop atau webbase, database, dan ilmu pendukung lainnya. pada kelas ini mahasiswa di tugaskan untuk membuat sebuah program berbasis web base dibatasi pada sistem pembuatan akun login dan batas kumpul selama 1 minggu. Di sini saya akan memaparkan 2 mahasiswa dengan gaya belajar yang berbeda yang berdampak pada efisiensi.
- Mahasiswa A memnyelesaikan tugas dengan mengikuti tutorial yang di fokuskan pada pokok pembahasan yang telah di ajarkan dan mencari referensi penambahan ilmu di buku-buku .
- Mahasiswa B menyelesaikan tugas dengan mengikuti tutorial, forum dan e-learning.


Pembahasan :
Dalam dunia pendidikan, ilmu merupakan hal yang penting untuk di telusuri secara terus menerus. Di era modern ini untuk mendapatkan ilmu tersebut, mereka seharusnya memanfaatkan fungsi dari teknologi internet yaitu e learning,forum dsb. Ilmu IT selalu update tiap detiknya, tidaklah efisiensi jika seorang mahasiswa berpatokan pada turorial yang di ajar oleh dosennya atau mencari referensi dari buku yang isinya tidak bisa di update otomatis perdetiknya. Pada kasus ini, Cara mahasiswa B menonjolkan efektifitas yang melahirkan efisiensi waktu yang tinggi untuk segudang pengetahuan.

     Efisiensi Biaya
1. Contoh Soal
Seorang dosen mata kuliah PPE menugaskan mahasiswanya untuk mencari contoh kasus efisiensi Waktu, Biaya, dan Tenaga dengan tempo waktu 2 minggu . Untuk menyelesaikan tugas ini, berbagai cara di lakukan mahasiswanya. Ada mahasiswa yang menyelesaikan tugas nya tersebut dengan menggunakan fasilitas internet, buku, dan ada juga yang merupakan hasil pemikiran sendiri.

Pembahasan :
Mahasiswa yang pintar dan memiliki daya fikir yang mampu di gunakan pada saat yang tepat ialah mahasiswa yang dapat berfikir sesuai nalarnya sendiri. Mereka tidak akan membuang uang untuk membeli kuata internet atau memesan kopi untuk memanfaatkan internet. Karena soal yang di berikan hanya merupakan contoh kasus yang terjadi di sekitar dan sudah di terangkan sebelumnya. Mahasiswa yang menyelesaikan tugas ini dengan pemikiran sendiri ini sangat berpengaruh pada Efisiensi biaya.

2. Contoh Soal
.           Sebuah perusahaan memberikan modal usaha awal masing-masing sebesar Rp 500.000, Laptop dan sebuah printer kepada 2 mahasiswa yang baru saja lulus disebuah universitas yang sama untuk membuka usaha penjualan pulsa. Perusahaan tersebut juga memberi softkill ilmu berbisnis .Lalu apa yang dilakukan oleh 2 mahasiswa tersebut ?
- Mahasiswa X menggunakan modal tersebut untuk menyewa toko, membeli saldo M-Kios. Setiap penjualan yang terjadi dicatat di buku penjualan dan setiap bulannya membuat laporan sendiri di excel.
- Mahasiswa Y menggunakan modal tersebut membeli software pembayaran online lengkap dan membeli kartu yang berkuata internet (misalnya kartu 3 yg kuata 2 GB).mahasiswa tersebut membuka loket di kediamannya sendiri. Setiap transaksi yang terjadi akan masuk ke dalam database software.


Pembahasan :
Manakah yang efisien?
Tentunya mahasiswa Y, gaya usaha yang ia lakukan sangat efisiensi dengan biaya dan tenaga. Modal yang ia terima di kelola dengan baik dengan membuka loket pmbayaran di rumahnya sendiri. Mahasiswa ini bukan saja mengguntungkan diri sendiri, ia juga memberi manfaat kepada warga desa di sekitar. Warga tak perlu jauh-jauh membeli pulsa atau membayar tagihan seperti listrik. Laporan bulanan pun tinggal dilihat pada database,hal ini mengurangi biaya untuk kertas dan alat tulis. Kasus ini sangat efisien dan efektivitas terhadap biaya.

      Efisiensi Tenaga
1.Contoh Soal
Sebuah Perusahaan membuka sebuah lowongan pekerjaan di bidang akutansi. Pada tahap penerimaan, perusahaan akan melakukan tes tulis, hitung dan wawancara. Pada tahap tes menghitung dipersilahkan untuk 2 pelamar yang berijazah akutansi untuk masuk ke ruang tes lalu membuat laporan keuangan dengan peralatan yang telah di persiapkan yaitu 2 laptop dengan fasilitas yang boleh digunakan hanya word dan excel, soal yang sama,  kalkulator dan waktu 30 menit.Hasil kerja yang di berikan yaitu :
-          Pelamar A telah mampu membuat laporan keuangan sampai 4 bulan dengan hanya menggunakan fasilitas excel.
-      Pelamar B hanya mampu membuat laporan keuangan untuk 2 bulan dengan fasilitas yang di gunakan kalkulator dan microsoft word.

Pembahasan :
Pada kasus ini, jelas Pelamar A sangat efisien dalam menggunakan tenaga nya, ia lebih banyak menghasilkan laporan karena ia mengerti ilmu akutansi dan excel. Pelamar A tidak membuang-buang tenaga untuk memencet kalkulator. Pada kasus ini,kita juga dapat menilai efektifitas pelamar. Ia menggunakan cara atau ilmu yang tepat untuk menyelesaikan pekerjaannya

2. Contoh Soal
Sebuah perusahan penjualan product kosmetik yang telah berjalan selama 5 tahun menjual productnya dengan pasar nyata yang memberikan pelayanan tanya jawab tentang product tersebut. Dahulu, perusahaan ini melakukan pemasarannya dengan cara merekrut karyawan untuk selalu di make up dan mampu menjelaskan tentang productnya.Namun,sekarang pemasaran yang di lakukan di sediakan pada sebuah website perusahaan.

Pembahasan :
Perusahaan yang ingin sukses memasarkan productnya tentu tak akan awam dari teknologi.Penggunaan website untuk sebuah perusahaan sangatlah murah ,profil perusahaan dapat diakses oleh seluruh dunia tanpa harus merekrut karyawan untuk di make up dan di posisikan di setiap daerah namun Proses tanya jawab bisa berlangsung sangat efektif. Pemasaran yang memanfaat kan teknologi ini sangat identik dengan efisiensi tenaga.

Kesimpulan :
 
Untuk kalangan modern ini, penggunaan teknologi komputer baik berupa software denstop base,web base,media online atau internet sangat berpengaruh pada efisiensi waktu,biaya dan tenaga. Hal yang tadinya dilakukan manual menjadi otomatis dan hal ini sangat mengurangi pemakaian waktu,tenaga serta biaya untuk tenaga kerja, proses pemasaran, maupun manajemen. Penerapan ilmu IT ini juga akan dapat mempercepat kemajuan perusahaan, dengan semakin meningkatnya margin perusahaan dengan waktu yang lebih cepat. Manfaat yang di berikan oleh teknologi sekarang merupakan langkah untuk menciptakan efektifitas dan efesiensi


Ayo menulis dan berbagi http://angkast.blogspot.co.id/

0 komentar:

Posting Komentar