Selasa, 24 Februari 2015

Teknik Komunikasi Bisnis



Dalam sebuah bisnis yang sedang anda jalani, komunikasi merupakan hal utama yang perlu anda perhatikan. Komunikasi sangat berpengaruh untuk perkembangan bisnis anda. Untuk melakukan komunikasi bisnis yang tepat maka anda dapat melakukan nya dengan berbagai teknik. Berikut ini Beberapa Teknik Komunikasi bisnis yang dapat anda pelajari :

1.      Mencetak bulletin
Perusahaan dapat menerbitkan bulletin secara teratur, yang memuat informasi tentang perusahaan, produk baru yang sedang dikerjakan ataupun kerangka-kerangka ilmiah / berita umum yang bermanfaat bagi masyarakat. Apabila orang membaca bulletin ini maka dia akan ingat pada perusahaan.

2.       Membuat film dokumenter
Perusahaan dapat membuat film dokumenter, misalnya menyangkut proses produksi kemudian disiarkan oleh televisi dalam bentuk berita pembangunan.

3.       Publicity
Pimpinan perusahaan dapat mengundang para wartawan datang ke lokasi perusahaan, kemudian mengadakan wawancara tentang segala sesuatu mengenai perusahaan , seperti sejarah berdirinya
perusahaan, ide yang mendorong mengapa perusahaan ini didirikan di tempat ini, apa manfaat dari produksi ini ditinjau dari segi pembangunan bangsa, apa keunggulan produk ini dan sebagainya. Publicity ini tidak usah dibayar pemuatannya dalam surat kabar karena dimuatnya dalam bentuk berita. Lain halnya dengan iklan, ini harus d'bayar mahal karena sifat komersialnya sangat menonjol. Di dalam publicity sifat komersial tidak terlalu menonjol.

4.       Promosi
Teknik komunikasi yang paling banyak digunakan dalam bisnis adalah apa yang tercakup dalam kegiatan promosi. Promosi berarti semua usaha yang bertujuan meningkatkan penjualan, termasuk kedalamnya personal selling, advertising, publicity dan sales promotion. Sales promotion berarti setiap usaha untuk meningkatkan penjualan dalam jangka pendek seperti display, show, demontrasi, memberi hadiah-hadiah, mengadakan undian dan sebagainya.

Komunikasi persuasif menimbulkan dampak yang lebih tinggi kadarnya dibandingkan dengan komunikasi informatif, yaitu dampak kognitif, dampak afektif, dan dampak behavioral. Agar komunikasi persuatif itu mencapai tujuan dan sasarannya maka perlu dilakukan perencanaan yang matang. Perencanaan dilakukan berdasarkan komponen-komponen proses komunikasi. Komponen komunikasi adalah komunikator, pesan, media, dan komunikan. Apa yang harus dilakukan komunikator ?
Bagi seorang komunikator, suatu pesan yang akan dikomunikasikan sudah jelas isinya, tetapi yang perlu dijadikan pemikiran ialah pengelolaan pesan (message management). Pesan harus ditata sesuai dengan diri komunikan yang akan dijadikan sasaran. Dalam hubungan ini komunikator harus terlebih dahulu melakukan komunikasi personal ( intrapersonal communication ).
Sehubungan dengan proses komunikasi persuatif itu berikut ini adalah teknik-teknik yang dapat dipilih, antara lain :
1.    Teknik asosiasi
Teknik asosiasi adalah penyajian pesan komunikasi dengan cara menumpangkannya pada suatu objek atau peristiwa yang sedang menarik perhatian khalayak. Teknik ini sering dilakukan oleh kalangan bisnis atau kalangan politik.

2.    Teknik integrasi
Yang dimaksud dengan integrasi di sini adalah kemampuan komunikator untuk menyatukan diri secara komunikatif dengan komunikan. Teknik ini biasa digunakan oleh redaktur surat kabar dalam menyusun tajuk rencana.

3.    Teknik ganjaran
Teknik ganjaran adalah kegiatan untuk mempengaruhi orang lain dengan cara mengiming-iming hal yang menguntungkan atau yang menjadikan harapan.

4.    Teknik Tataan
Teknik Tataan adalah upaya menyusun pesan komunikasi sedemikian rupa sehingga enak didengar atau dibaca serta termotivasikan untuk melakukan sebagaimana disarankan oleh pesan tersebut.

5.    Teknik red-herring
Teknik red-herring adalah seni seorang komunikator untuk meraih kemenangan dalam perdebatan dengan mengelakkan argumentasi yang lemah untuk kemudian mengalihkannya sedikit demi sedikit ke aspek yang dikuasainya guna dijadikan senjata ampuh dalam menyerang lawan. Jadi teknik ini dilakukan pada saat komunikator berada dalam posisi yang terdesak.

Demikianlah beberapa teknik komunikasi bisnis yang dapat anda pelajari untuk membangun komunikasi dengan investor, pelanggan/pembeli, dan pangsa pasar. Untuk menambah pengetahuan anda tentang bisnis, Silahkan baca Iklan sebagai Media Komunikasi Dunia Usaha / Bisnis.  ( Angkast )






0 komentar:

Posting Komentar