Selasa, 24 Februari 2015

Komunikasi Dalam Bisnis

Komunikasi merupakan penyampaian informasi dari satu pihak ke pihak lain. Komunikasi memiliki peran penting di segala aspek kehidupan manusia, salah satu nya dalam aspek dunia usaha/bisnis. Dalam menjalankan dunia usaha, seserang harus mengenal komunikasi yang baik dalam bagian pemasaran, komunikasi bisnis yang sangat berpengaruh dalam dunia usaha ialah :

1. Komunikasi dengan langganan 
Dengan langganan atau konsumen perlu dibina komunikasi terus menerus agar konsumen tidak lupa dengan produk perusahaan. Bila konsumen sudah berhasil tertarik satu kali membeli produk tertentu ini belum dikatakan sukses. Dikatakan sukses apabila konsumen tersebut tetap menjadi langganan dan terbentuk pada dirinya suatu sikap yang disebut " PATRONAGE BUYING MOTIVE" , artinya suatu sikap dimana seseorang selalu ingin berbelanja ke toko tertentu saja atau dia hanya ingin memakai barang X saja, tidak mau diganti dengan barang lain.
Patronage buying motive pada suatu toko dapat terjadi karena adanya komunikasi yang baik antara pemilik,
pelayan toko dengan konsumennya seperti servis memuaskan, barang yang di jual lengkap, tersedia macam-macam fasilitas seperti lapangan parkir, barang yang diantarkan, jika perlu bisa kridit dan sebagainya.

2. Komunikasi dengan lembaga pemerintah
Di sini orang yang bergerak dibidang bisnis harus memahami peraturan-peraturan yang dikeluarkan pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah propinsi, kabupaten, kecamatan, RT, RW, dan sebagainya. Kemudian perusahaan selalu berkomunikasi dengan cara mengisi formulir-formulir yang harus diisi, mematuhi segala kewajiban, memperpanjang surat-surat ijin jika sudah habis masa berlakunya seperti SIUP ( Surat Ijin Usaha Perdagangan ), mendatangi kantor Kotamadya bidang ekonomi guna mendapat ijin-ijin tertentu, ke Kantor Perindustrian, ke Kantor Dinas Perdagangan dan sebagainya.

3. Komunikasi dengan masyarakat
Perusahaan hidup ditengah-tengah masyarakat, perusahaan tidak berdiri sendiri antara keduanya terjalin suatu kerjasama dan saling berkomunikasi.
Misalnya dalam merayakan hari-hari tertentu perusahaan harus mengikuti apa yang berkembang dimasyarakat. Menghadapi Hari Raya Idul Fitri, toko perlu ditata sedemikian rupa menyambut hari raya tersebut, demikian pula Hari Raya Peringatan Proklamasi 17 Agustus, Tahun Baru dan sebagainya. Ini merupakan suatu cara berkomunikasi dengan masyarakat.

Ketiga komunikasi di atas merupakan komunikasi yang harus dijalankan oleh pembisnis. Untuk menambah wawasan anda tentang dunia bisnis silahkan kunjungi
Iklan sebagai Media Kmunikasi Dunia Usaha / Bisnis  (Angkast)

0 komentar:

Posting Komentar