Senin, 04 November 2013

Data Flow Diagram Sistem Penjualan Online "Peukan Online"

Postingan kali ini akan membahas tentang Data Flow Diagram Penjualan Online "Peukan Online". Admin akan menjelaskan  bagaimana cara membuat data flow diagram secara komputerisasi berdasarkan Cerita Sistem Penjualan Online "Peukan Online". Data flow diagram ini merupakan salah satu hal yang pentinng bagi seorang analis sistem karena pada DFD ini akan di jelaskan arus data dari suatu sistem informasi baik manual maupun komputerized secara logika tanpa mempertimbangkan fisik dimana data tersebut berada. DFD ini juga alat komunikasi para programmer yang berorientasi pada alur data perancangan sistem.
  • Diagram Konteks
Diagram konteks akan menggambarkan kterkaitan input maupun ouput data antara sistem dengan kesatuan luar atau entitas. Uraian :
Simbol Diagram Konteks
- Persegi empat merupakan entitas/ kesatuan luar.
- Persegi empat melengkung merupakan proses
- Garis dengan tanda panah merupakan Arus Data
Diagram Konteks


Keterangan :
Entitas : - Admin, Operator, Pengirim, Customer, Rekening, Email.

Proses : Sistem Penjualan Online

Uraian Penjelasan :
Pada diagram konteks disamping dijelaskan Entitas "Admin" mengirim/mengimput data master yaitu : 
- Data User/Operator, Data Product, Data Pengiriman, dan Data Pembayaran ( No rekening). Selanjutnya data master tersebut akan di proses oleh sistem untuk memberi informasi ke entitas lain.
- Data Master (Data produk)  digunakan  oleh entitas Operator untuk melakukan update atau review produk, Pada entitas Operator, Sistem hanya memproses data produk.

- Entitas Customer/Pembeli melihat data produk yang telah di proses oleh sistem, jika pembeli ingin membeli barang tersebut, maka pembeli harus melakukan registrasi terlebih dahulu dan akan di verifikasi oleh entitas "email", Setelah melakukan proses registrasi customer di harapkan untuk log in agar akun customer terdata oleh sistem. Selanjutnya customer memiih barang yang di inginkan atau yang di sebut daftar belanja, Kemudian daftar belanja tersebut akan diproses oleh sistem dan akan diverifikasi melalui email dengan mengeluarkan Tagihan Pembayaran, Ongkos Kirim, No Rekening Penjual, dan Jumlah transfer untuk customer. Dari Pemberitahuan email tersebut, customer akan melakukan pengiriman uang yang akan di tujukan ke No.Rekening penjual, Selanjutnya jika uang telah di telah masuk ke rekening penjual dengan bantuan sms notification. Maka penjual akan segera mengirim barang dengan bantuan kurir (pengirim). Pada proses pengiriman barang, sistem akan menginformasikan NO RESI kepada customer. Dari Proses Registrasi, Pembelian dan Pengiriman, Semua data akan masuk ke admin. Data-data pada proses ini lah yang nantinya akan menjadi laporan-laporan yang diperlukan.


  • Diagram HIPO
Diagram Hipo merupakan diagram yang menjabarkan segala proses dari diagram konteks, namun tidak terperinci secara jelas
Diagram Hipo
Pada Gambar Diagram Hipo disamping, dapat dilihat bahwa Proses 0 merupakan Pokok/Dasar Sistem (Sistem Penjualan Online).
Selanjutnya terdapat proses-proses yang berkerja untuk Sistem Penjualan Online yang di bentuk secara berurutan sesuai dengan Proses yang terdapat pada diagram konteks. Proses yang bekerja untuk Sistem Penjualan Online yaitu : 1.0 Entri Data Master, 2.0 Registrasi, 3.0 Login, 4.0 Pembelian, 5.0 Logout, 6.0 Pembayaran, 7.0 Pengiriman.

  • Diagram Level 0
Diagram Level 0 merupakan Diagram yang menguraikan segala proses sistem dari start hingga memberikan Output yang Jelas. Output inilah yang nanti akan menghasilkan database  untuk pembuatan Program Oleh Programmer.
Diagram Level 0


Pada gambar diagram Level 0 disamping, dapat dillihat fungsi entitas yang bekerja pada proses dan menghasikan Output :
Uraian Penjelasan :
-Proses 1.0 Entri Data Master
Admin Mengimput Data Operator, Data Produk, Data Pengirim dan Data No Rek. Bank. Selanjutnya Data yang di input tadi akan menghasikan Output yang di tandai dengan : 
- F1 (Data Operator), F2 (Data Produk), F3 (Data Pengirim) dan F4 (Data No Rek. Bank) 

-Proses 2.0 Registrasi, 3.0 Login, 5.0 LogOut
Customer/Pembeli melakukan proses Registrasi dengan memasukan data pribadi yaitu Email,Password, Confirm Password, dan Nama Lengkap, Alamat dan No Hp. Setiap proses registrasi, masing-masing pelanggan akan mendapatkan User ID. Data Registrasi ini juga akan menghasikan output yaitu :
- F5 (Data Customer/Pembeli)

Selanjutnya Output - F5 (Data Customer/Pembeli) ini akan digunakan oleh sistem pada proses 3.0 Login, 4.0 Pembelian dan 5.0 LogOut

4.0 Pembelian
Pada  Proses ini, Operator biasanya yang mengelola tentangg promo barang yang di dasari dari data - F2 (Data Produk), Pada proses ini juga akan ada Output yang di proses dari daftar belanja customer, yaitu :
- F6 (Daftar Belanja/Shipping Chart)

 6.0 Pembayaran dan 7.0 Pengiriman
Proses Pembayaran berlangsung ketika daftar belanja tersebut di proses, Pada proses ini akan di kalkulasikan  Jumlah tagihan (Total Harga Barang dan Ongkos Kirim) dan No Rekening Bank yang akan di Infokan Oleh EMAIL kepada alamat email pembeli.
Jika Uang telah di transfer/Kirim, Maka akan ada notifikasi sms dari no rekening bank bahwa uang telah masuk, selanjutnya akan ada proses pengiriman barang yang akan di kirim oleh kurir, maka pada proses ini akan ada data : 
- F7 (Data Pengiriman)
 Proses pengiriman masih melibatkan entitas Email untuk informasi No. Resi dan Data-data dari - F6 (Daftar Belanja/Shipping Chart) dan F3 (Data Pengirim).
Kesimpulan Diagram Level 0 yaitu Data-data Output tersebut merupakan data yang sangat berpengaruh pada Proses dan data tersebut merupakan database dasar untuk pembuatan aplikasi.
  • Diagram Level 1 
Diagram Detai 1 merupakan uraian penjelasan secara lebih jelas dari proses yang terjadi pada diagram level 0.
Diagram Level 0
Pada gambar diagram level 0 di samping dijelaskan dari gambar diagram hipo yaitu proses 4.0 Pembelian memiiki 2 (dua) Proses detail :
-  4.1 Order
-  4..2 Transaksi

Selanjutnyanya diagram level 0 merincikan secara jelas proses detail yang terjadi dimana customer/pembeli melakukan proses order dan mengeluarkan kan output F6 (Daftar Belanja/Shipping Chart). Dari data yang ada pada Daftar Belanja/Shipping Chart terjadi transaksi yang memproses segalan informasi sehingga memberikan data tagihan pembayaran, Ongkos Kirim dan No Rek

Demikianlah Data Flow Diagram Sistem Penjualan Online, yang dapat admin analisa. Yuk baca artikel Cerita Sistem Penjualan Online "Peukan Sauvenir"  (Angkast)

5 komentar:

  1. Gan ane mau nanya, didalam diagram konteks terdapat Operator/User , yang jadi operator/user disini admin atau customer???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Admin gan...
      atau bisa juga di bilang operator/bagian pengelola penjualan.

      Hapus