Senin, 04 November 2013

Cerita Sistem Penjualan Online "Peukan Online"

Sebuah distributor sauvenir aceh yang bernama “Peukan Online” ingin memperluas jaringan pemasarannya dengan membangun sistem penjualan online. Untuk menjalankan sistem tersebut, “Peukan Online” sudah menyiapkan seorang administrator yang bertanggung jawab terhadap jalannya sistem. Pada tahapan pertama administrator akan menyiapkan data user, data product, data pengirim atau data expedisi dan data rekening bank yang akan digunakan sebagai sarana pembayaran. Sistem ini nantinya akan berjalan dimana setelah data dan operator siap untuk online dan bertransaksi secara online.
Transaksi dimulai dengan customer melihat data product di website, kemudian jika customer tertarik dengan product tertentu customer harus melakukan registrasi terlebih dahulu dengan mengisikan data customer
seperti user id, e-mail, password, fullname, confirm password, address, location dan nomor telpon. Setelah itu jika customer ingin membeli product maka customer harus login terlebih dahulu ke website “Peukan Online” dengan menggunakan id user dan password yang didaftarkan pada saat registrasi. Setelah proses login dilakukan, barulah customer bisa berinteraksi dengan operator website untuk menanyakan product yang diinginkan seperti ukuran, warna dan ketersediaan stock. Selanjutnya jika customer merasa cocok dengan product yang dilihat maka customer klik tombol buy untuk melakukan proses pembelian. Selanjutnya barang yang sudah dibeli akan dimasukkan ke dalam shopping chart dalam website tersebut. Jika pembeli merasa sudah cukup, pembeli memeriksa shopping chart yang sudah ada untuk melakukan proses pengecekan terakhir sebelum logout dari website. Selanjutnya shopping chart dari pembeli tadi akan diproses tagihan pembayaran oleh admin dan dikonfirmasi via e-mail dimana di dalam e-mail tersebut dicantumkan tagihan pembayaran atas product yang dipilih, ongkos kirim dan rekening bank yang bisa digunakan oleh pembeli untuk melakukan transfer pembayaran tagihan. Selanjutnya setelah proses transfer dilakukan pembeli mengkonfirmasi via e-mail tentang jumlah transfer dan rekening yang digunakan untuk melakukan transfer. Selanjutnya admin akan mengirimkan barang yang dipesan kepada pembeli dan mengirimkan nomor resi dari pengiriman kepada pembeli melalui e-mail.

Untuk memahami bagaimana merancang sistem aplikasi, yuk baca Data flow diagram sistem penjualan online "peukan
Online" ..( Angkast )

1 komentar: