Dalam sebuah bisnis yang sedang anda jalani, komunikasi
merupakan hal utama yang perlu anda perhatikan. Komunikasi sangat berpengaruh
untuk perkembangan bisnis anda. Untuk melakukan komunikasi bisnis yang tepat maka
anda dapat melakukan nya dengan berbagai teknik. Berikut ini Beberapa Teknik
Komunikasi bisnis yang dapat anda pelajari :
1.
Mencetak
bulletin
Perusahaan dapat menerbitkan bulletin
secara teratur, yang memuat informasi tentang perusahaan, produk baru yang
sedang dikerjakan ataupun kerangka-kerangka ilmiah / berita umum yang
bermanfaat bagi masyarakat. Apabila orang membaca bulletin ini maka dia akan
ingat pada perusahaan.
2. Membuat film
dokumenter
Perusahaan dapat membuat film dokumenter, misalnya
menyangkut proses produksi kemudian disiarkan oleh televisi dalam bentuk berita
pembangunan.
3. Publicity
Pimpinan perusahaan dapat mengundang para wartawan datang
ke lokasi perusahaan, kemudian mengadakan wawancara tentang segala sesuatu
mengenai perusahaan , seperti sejarah berdirinya
perusahaan, ide yang mendorong
mengapa perusahaan ini didirikan di tempat ini, apa manfaat dari produksi ini ditinjau dari segi pembangunan bangsa, apa keunggulan
produk ini dan sebagainya. Publicity ini tidak usah
dibayar
pemuatannya dalam surat kabar karena dimuatnya dalam bentuk berita. Lain halnya
dengan iklan, ini harus d'bayar mahal karena sifat komersialnya sangat
menonjol. Di dalam publicity sifat komersial tidak terlalu menonjol.
4. Promosi
Teknik komunikasi yang paling banyak digunakan dalam
bisnis adalah apa yang tercakup dalam kegiatan promosi. Promosi berarti semua
usaha yang bertujuan meningkatkan penjualan, termasuk kedalamnya personal selling, advertising, publicity dan sales promotion. Sales
promotion berarti setiap
usaha untuk meningkatkan penjualan dalam jangka pendek seperti display, show, demontrasi, memberi hadiah-hadiah, mengadakan undian dan
sebagainya.
Komunikasi persuasif menimbulkan dampak
yang lebih tinggi kadarnya dibandingkan dengan komunikasi informatif, yaitu
dampak kognitif, dampak afektif, dan dampak behavioral.
Agar komunikasi
persuatif itu mencapai tujuan dan sasarannya maka perlu dilakukan perencanaan
yang matang. Perencanaan dilakukan berdasarkan komponen-komponen proses
komunikasi. Komponen komunikasi adalah komunikator, pesan, media, dan
komunikan. Apa yang harus dilakukan komunikator ?
Bagi seorang komunikator, suatu pesan yang akan
dikomunikasikan sudah jelas isinya, tetapi yang perlu dijadikan pemikiran ialah
pengelolaan pesan (message management). Pesan harus ditata sesuai dengan diri
komunikan yang akan dijadikan sasaran. Dalam hubungan ini komunikator harus
terlebih dahulu melakukan komunikasi personal ( intrapersonal communication ).
Sehubungan dengan proses komunikasi persuatif itu berikut
ini adalah teknik-teknik yang dapat dipilih, antara lain :
1.
Teknik asosiasi
Teknik asosiasi adalah penyajian pesan komunikasi dengan
cara menumpangkannya pada suatu objek atau peristiwa yang sedang menarik
perhatian khalayak. Teknik ini sering dilakukan oleh kalangan bisnis atau
kalangan politik.
2.
Teknik
integrasi
Yang dimaksud dengan integrasi di sini adalah kemampuan
komunikator untuk menyatukan diri secara komunikatif dengan komunikan. Teknik
ini biasa digunakan oleh redaktur surat kabar dalam menyusun tajuk rencana.
3.
Teknik ganjaran
Teknik ganjaran adalah kegiatan untuk mempengaruhi orang
lain dengan cara mengiming-iming hal yang menguntungkan atau yang menjadikan
harapan.
4.
Teknik Tataan
Teknik Tataan adalah upaya menyusun pesan komunikasi
sedemikian rupa sehingga enak didengar atau dibaca serta termotivasikan untuk
melakukan sebagaimana disarankan oleh pesan tersebut.
5.
Teknik red-herring
Teknik red-herring adalah seni seorang komunikator untuk
meraih kemenangan dalam perdebatan dengan mengelakkan argumentasi yang lemah
untuk kemudian mengalihkannya sedikit demi sedikit ke aspek yang dikuasainya
guna dijadikan senjata ampuh dalam menyerang lawan. Jadi teknik ini dilakukan
pada saat komunikator berada dalam posisi yang terdesak.
Demikianlah beberapa teknik komunikasi bisnis yang dapat
anda pelajari untuk membangun komunikasi dengan investor, pelanggan/pembeli,
dan pangsa pasar. Untuk menambah pengetahuan anda tentang bisnis, Silahkan baca
Iklan sebagai Media Komunikasi Dunia Usaha / Bisnis. (
Angkast
)
0 komentar:
Posting Komentar