Komunikasi merupakan penyampaian
informasi dari satu pihak ke pihak lain. Komunikasi memiliki peran penting di
segala aspek kehidupan manusia, salah satu nya dalam aspek dunia usaha/bisnis.
Dalam menjalankan dunia usaha, seserang harus mengenal komunikasi yang baik
dalam bagian pemasaran, komunikasi bisnis yang sangat berpengaruh dalam dunia
usaha ialah :
1. Komunikasi dengan langganan
Dengan langganan atau konsumen perlu dibina komunikasi
terus menerus agar konsumen tidak lupa dengan produk perusahaan. Bila konsumen
sudah berhasil tertarik satu kali membeli produk tertentu ini belum dikatakan
sukses. Dikatakan sukses apabila konsumen tersebut tetap menjadi langganan dan
terbentuk pada dirinya suatu sikap yang disebut " PATRONAGE BUYING
MOTIVE" , artinya suatu sikap dimana seseorang selalu ingin berbelanja ke
toko tertentu saja atau dia hanya ingin memakai barang X saja, tidak mau
diganti dengan barang lain.
Patronage buying motive pada suatu toko dapat terjadi
karena adanya komunikasi yang baik antara pemilik,
pelayan toko dengan
konsumennya seperti servis memuaskan, barang yang di jual lengkap, tersedia
macam-macam fasilitas seperti lapangan parkir, barang yang diantarkan, jika perlu
bisa kridit dan sebagainya.
2. Komunikasi
dengan lembaga pemerintah
Di sini orang yang bergerak dibidang bisnis harus
memahami peraturan-peraturan yang dikeluarkan pemerintah, baik pemerintah pusat
maupun pemerintah propinsi, kabupaten, kecamatan, RT, RW, dan sebagainya.
Kemudian perusahaan selalu berkomunikasi dengan cara mengisi formulir-formulir
yang harus diisi, mematuhi segala kewajiban, memperpanjang surat-surat ijin
jika sudah habis masa berlakunya seperti SIUP ( Surat Ijin Usaha Perdagangan ),
mendatangi kantor Kotamadya bidang ekonomi guna mendapat ijin-ijin tertentu, ke
Kantor Perindustrian, ke Kantor Dinas Perdagangan dan sebagainya.
3. Komunikasi
dengan masyarakat
Perusahaan hidup ditengah-tengah masyarakat, perusahaan
tidak berdiri sendiri antara keduanya terjalin suatu kerjasama dan saling
berkomunikasi.
Misalnya dalam merayakan hari-hari tertentu perusahaan
harus mengikuti apa yang berkembang dimasyarakat. Menghadapi Hari Raya Idul
Fitri, toko perlu ditata sedemikian rupa menyambut hari raya tersebut, demikian
pula Hari Raya Peringatan Proklamasi 17 Agustus, Tahun Baru dan sebagainya. Ini
merupakan suatu cara berkomunikasi dengan masyarakat.
Ketiga
komunikasi di atas merupakan komunikasi yang harus dijalankan oleh pembisnis. Untuk
menambah wawasan anda tentang dunia bisnis silahkan kunjungi
Iklan sebagai Media Kmunikasi Dunia Usaha / Bisnis (Angkast)
Iklan sebagai Media Kmunikasi Dunia Usaha / Bisnis (Angkast)
0 komentar:
Posting Komentar